Information Website of Palembang city South Sumatra

MAKANAN KHAS PALEMBANG

Makanan Khas Palembang

Makanan Khas Palembang



Pempek kapal Selam yang biasa di sebut masyarakat Palembang atau Pempek Telur yang biasa disebut orang luar Palembang. Pempek ini adalah jenis pempek yang paling menjadi populer dari semua pempek yang disebutkan di bawah. Mungkin karena namanya yang unik membuat orang-orang penasaran akan rasa pempek tersebut dengan rasanya yang sangat enak dan lezat dengan campuran sedikit timun yang melengkapi makan khas palembang ini. Bukan itu saja masih ada lagi pelengkap Pempek Kapal selam atau Pempek Telur Besar ini. Timun dan Udang ragu adalah pelengkap rasa Pempek ini dan Cuka yang kental.
Harga Pempek Kapal Selam : 10rb sampai 15rb 

2. Pempek Telur Kecil 

Makanan Khas Palembang

Pempek Telur Kecil sama hal nya dengan pempek kapal selam, Dengan posturnya yang sangat kecil tapi tidak jauh beda dengan pempek telur besar tadi, bedanya hanya adonan telur saja kalau telur besar itu 1 telur utuh di gunakan untu Pempek telur besar dan Pempek Telur kecil sebelum di masukan di adonan ikan telur nya kocok-kocok seperti mau bikin telur dadar.
Harga Pempek Telur Kecil : 3rb satunya

3. Pempek Pistel atau Pastel atau Pempek Kates

Makanan Khas Palembang

Pempek Pistel  atau Pempek Pastel ini juga dibuat dari adonan lenjer, dan berbentuk seperti pempek telur kecil. Bedanya adalah peda penutup bagian atas Pempek Pistel di berikan motif seperti gambar diatas. Bedanya yang kedua isinya adalah parutan pepaya muda yang dimasak sebelum di masukan ke dalam Adonan Pempek.
Harga Pempek Pistel atau Pastel : 2rb satuan nya


4. Pempek Kriting Atau Pempek Kerupuk

Makanan Khas Palembang

Pempek Kriting atau Pempek Kerupuk dibuat dengan adonan lenjer dan di buat dengan menggunakan alat khusus. Alat yang di gunakan bisa disebut ‘Pirkaan Kita’ biasa disebut warga Palembang. Oleh karena itu membuat pempek keriting ini membutuhkan tenaga ekstra dan tidak mudah, maka sebagian orang peggunakan penggiling daging untuk membentuk helaian seperti itu.
Harga Pempek Keriting atau Pempek Kerupuk : 2.500 satuan nya.


5. Pempek Adaan atau Pempek Bulat

Makanan Khas Palembang



Nah, Pempek adaan boleh dikatakan pempek kedua terpopuler setelah pempek kapal selam. Adaan dibuat dari adonan yang berbeda dari lenjer dan lainnya yang sudah disebutkan di atas. Proses pembuatannya juga sangat berbeda. Kalau semua pempek yang sudah disebutkan tadi melalui proses perebusan, maka adaan hanya melalui proses penggorengan saja. Beberapa orang membuat adaan direbus terlebih dahulu baru digoreng, namun ini adalah praktik yang kurang tepat dan akan mengurangi citarasa adaan asli Palembang.
Harga Pempek Adaan atau Pempek Bulat : 3rb satuan nya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : MAKANAN KHAS PALEMBANG

1 komentar:

  1. kirain cuma pempek aja..

    https://kopibandungselatan.blogspot.com

    ReplyDelete