Information Website of Palembang city South Sumatra

MENGENAL APA SAJA KAIN KHAS PALEMBANG




1. Kain Songket Khas Palembang

Mengenal Apa itu kain songket Khas Palembang | Jika Jogja dengan batiknya maka Kota Plamebnag Juga Terkenal dengan Kain Khas nya yaitu Kains Songket Palembang. Sebenar nya setiap daerah memiliki berbagai macam jenis Kain Khas nya sendiri. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memjelaskan beberapa Kain Khas Palembang Sumatera Selatan.

Sejarah Kain Songket Palembang, Sumatera Selatan.

Songket adalah jenis kain tenut tradisional Melayu dan Malaysia di Indonesia dan Brunei Daru Salam, Kain Songket digolongkan dalam keluarga tenunan brokat. Kain Songket di tenun dengan cara tangan dengan benang Emas dan Perak pada umumnya di kenakan pada cara-cara resmi benang  logam metalik yang tertunn berlatar kain menimbulkan efek kemilau.

Menurut hikayat rakyat Palembang, Asal mulai Kain Songket ini adalah dari perdagangan zaman dahulu diantara Tiongkok & India. Orang TiongHoa menyediakan benang sutera sedangkan orang india menyabung benang emas dan perak, Maka terciptalah Kain Songket yang di bantu oleh alat tenut yang berbingkai Melayu. Kerjaan Sriwijaya pada zaman dahulu memakai juga Kain Songket yang di buat di Palembang, Itulah mengapa masyarakat menjadikan Kain Songket Sebagai Kain Khas Palembang.

Masyarakat menjadikan Songket Sebagai Acara Pernikahan dan acara Special lain nya.
Kain Songket merupakan jenis kain tenunan tradisional Melayu di Indonesia. Pada Umumnya penggunaan Kain Songket ini untuk acara kebesaran atau acara Khus. Sehingga Songket memberikan nilai tersendiri bagi orang – orang yang memakai nya banyak Para Traveler yang datang ke Palembang dan Beburu songket Palembang, Kalau masalah harga kain songket Palembang 
Berkisaran Harga dari 200 ribuan samapai dengan 5 Jutaan bahkan lebih ini tergantung dari bahan bagaimana proses pembuatan. Jadi masalah buget bisa kita atur sendiri ya..Kain Songket merupakan jenis kain tenunan tradisional Melayu di Indonesia. Pada Umumnya penggunaan Kain Songket ini untuk acara kebesaran atau acara Khus. Sehingga Songket memberikan nilai tersendiri bagi orang – orang yang memakai nya banyak Para Traveler yang datang ke Palembang dan Beburu songket Palembang, Kalau masalah harga kain songket Palembang Berkisaran Harga dari 200 ribuan samapai dengan 5 Jutaan bahkan lebih ini tergantung dari bahan bagaimana proses pembuatan. Jadi masalah buget bisa kita atur sendiri ya.. 

2. Kain Jumputan Khas Palembang


Kain batik Palembang

Kain Jumputan atau Kain Pelangi | Merupakan kerajianan tenun yang di hasilkan dengan teknik jumputan (tie and dye) untuk menghasilkan motif yang tertentu dari bahan berwarna putih polos. Dimulai dengan menjahit dan mengikat erat bagain-bagian tertentu kemudian mencelup dalam larutan perwarna sesuai keinginan. Kain Jumputan ini juga banyak menjadi incaran orang – orang karena kegunaan kain jumputan ini biasanya dipakai pada hari pernikahan adat Khas Palembang dan juga kain jumputan ini banyak di beli untuk oleh – oleh.

3. Kain Batik Khas Palembang 


Kain batik Palembang


Kain batik Palembang

Batik adalah kain yang di gambar dengan pembuatan secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam kain itu kemudian penglolahan nya di proses dengan cara yang terntu yang memiliki kekahasan. Batik pun sudah beredar di luar negeri maupun luar kota.

Kain Batik Khas Palembang memang berasal dari indonesia jadi tidak heran kebanyakan setiap daerah yang ada di indonesia memiliki motif kain batik sendiri begitu juga dengan Kota Palembang. Biasaa nya pada motif kain batik setiap daerah memiliki khas dan di balik khas motif tersebut memiliki makna tersendiri. Adapun macam macam motif kain batik yang ada di indonesia dan Palembang, Yaitu : 
  • Lasem 
  • Bunga Teh
  • Gribik 
  • Encim
  • Kemang Bakung
  • Kerak Mutung
  • Sembagi
  • Salahi
  • Kembang Jepri
  • Sisik Ikan
Berikut adalah kain khas palembang terimakasi sudah berkunjung di weblog saya.... semoga postingan ini bisa membantu anda untuk mencari tau kain khas palembang.





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : MENGENAL APA SAJA KAIN KHAS PALEMBANG

0 komentar:

Post a Comment